December 24, 2009

G gaul Kalo Belum Blajar Bahasa Gaul.....???!!



Hari ini, aku semepet ngerasa sedikit risih ama temen2 ku yg gaya bicaranya uda agak beda. dan bahkan kadang aku sendiri kurang tau apa yg mereka omongin. hee,...
Qta sama2 orang Jember, Jawa timur, tapi jangan salah..
Bahasa-bahasa gaul yg sering diucapin di jakarta,ternyata sering dan bahkan uda familiar juga buat temen2 ABG di Jember ini.

Kemaren, ada temen aku dari Tasikmalaya, kirim pesan sms ke temenku satunya, sebut saja dia "BOy". Tapi mgkin karna gaya bahasanya sulit di mengerti buad dia. Kemudian , tadi pagi dia tunjukin ke q ma temen2q yg laennya.
kurang lebi isinya gne,


" eh,bro..sorry bagt yah..hr ni gw g jadi ke jmber,abisnya doi g mau di tinggalin..lu titipin aja dulu rombongnya ama si Pram. Doi tinta di tinggal tuh..gpp ya bro.."

nah..
abis liat n baca SMS tuh berkali2, tetep aja temen2 masi g ngerti apa maksd dari kata "tinta". ( bahkan ampe skg q g ngerti apa maksudnya )
hee...

Selidik punya selidik, setelah kutanyakan hal tersebut pada mbah google, aku temuin kata2 yg hampir mirip,yaitu "tinta mawar" yg artinya "Tidak Mau".
jadi mungkin yg dimaksud "tinta" itu "tidak" .
he....tapi g tau lagi sih..

humm..
Menarik untuk disimak bahwa bahasa gaul yang sedang trend di kalangan remaja Indonesia, terutama di Jakarta, sudah menjadi bahasa percakapan sehari-hari para ABG. Bahkan bahasa gaul ni uda merambah ke daerah2. Kita bisa liat banyak sinetron televisi yang bertemakan remaja selalu ada percakapan bahasa gaulnya. Bahkan iklan di televisi, radio, mau pun di media cetak selalu disisipi bahasa gaul klo iklan tersebut ditujukan buat para ABG. Gitu juga para presenter televisi kadang-kadang sering menggunakan sepatah dua patah kata bahasa gaul. Tampaknya bahasa gaul sudah menjadi suatu fenomena di Indonesia.
humm......

Sebenarnya apa sih bahasa gaul itu?

Secara terminologi, bahasa gaul bisa didefinisi'in sebagai bahasa pergaulan sehari-hari yang digunakan oleh para remaja, yang mana kata-kata yang dipakai adalah kata-kata yang sedang ngetrend.
Lho, kok gitu?
Ya, karena kata-kata dalam bahasa gaul ada yang timbul dan tenggelam, dan ada yang masih tetep eksis sampai sekarang.
Contohnya ni:
kata 'Asoy' plesetan dari kata 'Asyik', dan juga 'Ajojing' plesetan dari 'Agogo' yang artinya joget. Dua kata tersebut sudah jarang dikenal oleh remaja sekarang karena memang sudah usang.

hee..
lucunya nih,, Kalo di tahun 80-an bahasa preman terlahir dari kalangan begundal atau anak-anak Gank dengan kehidupan kerasnya, maka dipertengahan tahun 90-an bahasa gaul terlahir dari kalangan Waria yang bekerja di salon-salon atau di tempat mereka berkumpul. Jadi g usah heran kalo bahasa gaul sedikit genit tetapi luwes. Simak saja percakapan mereka;

- Susi, loe mo ke menong seh, kok buru-buru amir?

+ Akika mo pulang nek, ada gawean di rumah. Job gede-gedean bo...

- Plis dong ah, jangan tinggalin akika!

wwkwk...
Menarik kan?
Tapi bahasa gaul ini umumnya lebih diminati oleh temen2 remaja yang emang sedang mencari jati diri. Untuk orang dewasa mungkin mereka g tertarik karena faktor usia.

Lalu gimana sih anjuran pemerintah untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar?

Sejauh kita tetap teguh untuk memelihara kelanggengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka menggunakan bahasa gaul disaat-saat tertentu menjadi tidak masalah. Toh, bahasa gaul hanya digunakan oleh kalangan tertentu dan pada saat tertentu pula. Aku yakin remaja Indonesia menguasai bahasa Indonesia baku, yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti yang diajarkan oleh para guru di sekolah.
ya kan??

hee...
Tiba2 Q jadi ingat ucapan temanku sewaktu aku hendak pulang dari skul di Jkt Dolo, dia ngomong gne:
'Titi DJ ya!'. Titi DJ? Maksudnya? 'Hati-hati Di Jalan, gitu loh!', sahutnya sambil melambaikan tangan. Ya ampun....!! aku kira ada Titi DJ ( artis )...hee....^^'

hee..
biar makin puas nih,yuk simak kata2 gaul yg sering aku dengerin...
^_^

- “Secara”
Wah ini agak2 melenceng juga dari arti sesungguhnya nih. Kalo di Kamus Bahasa Indonesia, “Secara” artinya adalah …..
Tapi sekarang suka ditempatin dimana aja yang cocok.. heheheheh..
Contohnya; “Yah gimana dong? Secara gw itu gaul gitu loohh, jadi boleh dong norak..!” ehhehehhe ya semacam itu lah.

- “Mene Ketehe”
Nah ini lagi pelecehan seksual eh pelecehan kata-kata. klo g salah nih..kata2 ni populerin pertama kali ama Tora Sudiro di acara Extravaganza (which is my fave TV show juga hehehehehh…). Kata-kata itu sebenarnya mengandung arti “Mana gw tau!”. Entah dari mana tiba2 kok jadi “Mene ketehe” ,,heheheheh,,
yah namanya juga lelucon, bisa aja ya otak orang bikin kata2 aneh tapi jadi popular??

- “Cape deehh…!”
Hehehehe..
Satu lagi yang sering banget kuping Q denger adalah kata-kata ini. Enggak ada arti yang dilencengkan, tapi pemakaian kata-kata ini jadi sering diselipin dimana aja untuk menunjukkan, rasa sebel, aneh, nyela…macem-macem.
Contohnya apa ya??? Hmm…
kenapa juga jadi q mikirin kecontoh-contoh sih?? Capee deeehhh….! Hauhauhauhauhauhuahauha….. gitu deh,

Heheeeh...... Sampe q juga penah denger ada yang disingkat-singkat jadi;
ABCDEY yang artinya “Aduh Bo’ Cape Deeh Eike, Yuuuuuu…..!!”
hauhauhuahuahu,, duh kreatip gak seh tooooohhhh?????( knp q jadi gini juga yah?? )

Ada lagi yang mau nambahin? Sekalian terangin juga dunk akar katanya, plus siapa yang populerin pertama kali dan artinya apa???hee...

17 comments:

  1. wkwkkw... ga banget deeeeh... wkwkkw jadi ikutan menggaul.
    seru seru. ntar kita ngomong pake bahasa gaul yah ;)

    ReplyDelete
  2. gambar cewe itu kalo gak salah dari bukunya si Beni and Mice yaa ? hahaha

    yaa...daridulu bahasa gaul getoo udah jadi fenomena..

    tp yang lebih menarik lagi bahasa 4L4y sama bahasa salon, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. wkkakawkaw ada ada aja..!! kocak bro :P
    http://blogacim.co.cc

    ReplyDelete
  4. secara akika jg sering nemu bahasa2 kyak gituu,,hehe
    artikel yang menarik sob,, silahkan ambil award dari ku klo berkenan,,

    mksh dah mampir

    ReplyDelete
  5. hahahahha... ada lagi nih... Ga begito kalEEEE'.... (e nya yg kecekek). mang makin lama makin aneh aja bhs gaoel skrg ini

    ReplyDelete
  6. @ Vindy : haha,...iya dah..km punya bahasa gaul apa??

    @ Fakhri : he..bahasa alay mah juga uda merebak ni keanya..ckck...ada contoh g sob bahasa alay nya gmn??hee..

    @ Muktasim: hee..ok ok...mampir lagi yah..
    @aan : wah wah..ane dapet award nih..makasi yah..ane unduh nnti..^_^

    @ kucing tengil : hee bsa aja nih..

    kawand semuanya,,
    ayo sapa yg ada bahasa geol lagi??

    ReplyDelete
  7. Waduh.. aku yang dah tua gini, gpp deh klo dikatakan ga gaul... hehehhe

    ReplyDelete
  8. ahaha, bukannya tuh bahasa2 gaul kaya gitu udah lumayan lama ya?
    gw sih suka males kalo ngedenger orang yg ngmng cape deeh, apalagi kalo intonasinya macem fitri tropika.
    kalo meneketehe emng sering gw pake juga tuh, atau ngga gw ngmng maka dari itu, diganti

    ReplyDelete
  9. ahaha, bukannya tuh bahasa2 gaul kaya gitu udah lumayan lama ya?
    gw sih suka males kalo ngedenger orang yg ngmng cape deeh, apalagi kalo intonasinya macem fitri tropika.
    kalo meneketehe emng sering gw pake juga tuh, atau ngga gw ngmng maka dari itu, diganti meke dere ete.
    ahaha

    ReplyDelete
  10. Saya orangnya gak gaul gicu deh, jadinya ngga tau deh ama yang begindang...Yuuuk, mariii...

    ReplyDelete
  11. hahaha ayo mari cita bicara bahaca gaul hahaha

    ReplyDelete
  12. hahaa... gaul2 semua nih yang koment. wkwkwk...

    ReplyDelete
  13. hare gene ga bisa bahasa gaul,,,

    ReplyDelete
  14. hihi... ok nih..
    ada nih..
    Doyink = Doi
    Kiba = Kaki bau
    Gobaz = Gombal abis
    nyengnyong = nyanyi

    ReplyDelete

About